Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP/MTs Kelas VIII

  • 2 min read
  • Mar 12, 2024

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP/MTs Kelas VIII

I. Identitas Mata Pelajaran

  • Mata Pelajaran: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
  • Tingkat: Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Madrasah Tsanawiyah (MTs)
  • Kelas: VIII
  • Standar Kompetensi: Memahami dan menghargai perbedaan serta konflik dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat dalam kerangka kebhinekaan dan persatuan bangsa.
  • Kompetensi Dasar:
    1. Menganalisis berbagai permasalahan yang timbul dari perbedaan individu, kelompok, dan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
    2. Menunjukkan sikap menghargai dan peduli terhadap perbedaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

II. Tujuan Pembelajaran

  • Peserta didik mampu menganalisis berbagai permasalahan yang timbul dari perbedaan individu, kelompok, dan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Peserta didik menunjukkan sikap menghargai dan peduli terhadap perbedaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Baca Juga Artikel Cara Membuat RPP

III. Materi Pembelajaran

  • Analisis permasalahan dari perbedaan individu, kelompok, dan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Sikap menghargai dan peduli terhadap perbedaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

IV. Metode Pembelajaran

  • Ceramah
  • Diskusi
  • Brainstorming
  • Studi kasus

V. Langkah Pembelajaran

  1. Pendahuluan (10 menit)

    • Guru memperkenalkan topik pembelajaran hari ini: “Perbedaan dalam Masyarakat Multikultural”.
    • Guru memberikan gambaran singkat tentang pentingnya memahami dan menghargai perbedaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  2. Pemaparan Konsep (20 menit)

    • Guru memberikan ceramah singkat mengenai berbagai jenis perbedaan dalam masyarakat multikultural, seperti perbedaan agama, budaya, suku, dan lain-lain.
    • Guru mengilustrasikan dengan contoh kasus nyata mengenai konflik yang timbul akibat perbedaan tersebut.
  3. Diskusi Kelompok (30 menit)

    • Peserta didik dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil.
    • Setiap kelompok mendiskusikan sebuah studi kasus tentang konflik yang timbul akibat perbedaan dalam masyarakat multikultural.
    • Setiap kelompok diminta untuk menganalisis penyebab konflik, dampaknya, dan solusi yang mungkin dilakukan.
  4. Presentasi Hasil Diskusi (20 menit)

    • Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
    • Guru memfasilitasi diskusi untuk memperjelas pemahaman dan merumuskan kesimpulan bersama.
  5. Refleksi (10 menit)

    • Peserta didik diminta untuk merenungkan pentingnya sikap menghargai dan peduli terhadap perbedaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
    • Guru mengajukan pertanyaan reflektif kepada peserta didik untuk mengevaluasi pembelajaran hari ini.

VI. Penilaian

  • Penilaian dilakukan melalui partisipasi aktif peserta didik dalam diskusi kelompok dan presentasi hasil diskusi.
  • Penilaian juga mencakup kemampuan peserta didik dalam menganalisis permasalahan dan menunjukkan sikap menghargai terhadap perbedaan.

VII. Penutup

  • Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini dengan merangkum hasil diskusi dan menekankan pentingnya sikap menghargai perbedaan dalam membangun masyarakat yang harmonis.
  • Guru memberikan motivasi kepada peserta didik untuk terus mempraktikkan sikap toleransi dan kebhinekaan dalam kehidupan sehari-hari.

Referensi