Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP/MTs Kelas VIII
I. Identitas Mata Pelajaran
- Mata Pelajaran: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
- Tingkat: Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Madrasah Tsanawiyah (MTs)
- Kelas: VIII
- Standar Kompetensi: Memahami dan menghargai perbedaan serta konflik dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat dalam kerangka kebhinekaan dan persatuan bangsa.
- Kompetensi Dasar:
- Menganalisis berbagai permasalahan yang timbul dari perbedaan individu, kelompok, dan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
- Menunjukkan sikap menghargai dan peduli terhadap perbedaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
II. Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik mampu menganalisis berbagai permasalahan yang timbul dari perbedaan individu, kelompok, dan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
- Peserta didik menunjukkan sikap menghargai dan peduli terhadap perbedaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Baca Juga Artikel Cara Membuat RPP
III. Materi Pembelajaran
- Analisis permasalahan dari perbedaan individu, kelompok, dan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
- Sikap menghargai dan peduli terhadap perbedaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
IV. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Diskusi
- Brainstorming
- Studi kasus
V. Langkah Pembelajaran
-
Pendahuluan (10 menit)
- Guru memperkenalkan topik pembelajaran hari ini: “Perbedaan dalam Masyarakat Multikultural”.
- Guru memberikan gambaran singkat tentang pentingnya memahami dan menghargai perbedaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
-
Pemaparan Konsep (20 menit)
- Guru memberikan ceramah singkat mengenai berbagai jenis perbedaan dalam masyarakat multikultural, seperti perbedaan agama, budaya, suku, dan lain-lain.
- Guru mengilustrasikan dengan contoh kasus nyata mengenai konflik yang timbul akibat perbedaan tersebut.
-
Diskusi Kelompok (30 menit)
- Peserta didik dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil.
- Setiap kelompok mendiskusikan sebuah studi kasus tentang konflik yang timbul akibat perbedaan dalam masyarakat multikultural.
- Setiap kelompok diminta untuk menganalisis penyebab konflik, dampaknya, dan solusi yang mungkin dilakukan.
-
Presentasi Hasil Diskusi (20 menit)
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
- Guru memfasilitasi diskusi untuk memperjelas pemahaman dan merumuskan kesimpulan bersama.
-
Refleksi (10 menit)
- Peserta didik diminta untuk merenungkan pentingnya sikap menghargai dan peduli terhadap perbedaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
- Guru mengajukan pertanyaan reflektif kepada peserta didik untuk mengevaluasi pembelajaran hari ini.
VI. Penilaian
- Penilaian dilakukan melalui partisipasi aktif peserta didik dalam diskusi kelompok dan presentasi hasil diskusi.
- Penilaian juga mencakup kemampuan peserta didik dalam menganalisis permasalahan dan menunjukkan sikap menghargai terhadap perbedaan.
VII. Penutup
- Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini dengan merangkum hasil diskusi dan menekankan pentingnya sikap menghargai perbedaan dalam membangun masyarakat yang harmonis.
- Guru memberikan motivasi kepada peserta didik untuk terus mempraktikkan sikap toleransi dan kebhinekaan dalam kehidupan sehari-hari.
Referensi
- Buku Teks Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas VIII
- Materi pelatihan guru PKn
- Materi sumber lain yang relevan Baca Selengkapnya di artikel Cara Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dengan Mudah Dan Cepat
- Cara Buat RPP