LWt9MaZ9NWtbMqB4Mat8Map8NTcsynIkynwbzD1c

RPP TIK DARING SMP KELAS 7 8 9

BLANTERLANDINGv101
8847040826697857950

RPP TIK DARING SMP KELAS 7 8 9

12/05/2021

  

RPP Luring TIK Kelas 7 8 9 SMP/MTs

RPP TIK kelas Kurikulum 2013 tahun ajaran 2020-2021 yang wajib dimiliki guru pada masa Covid-19 ini, sehingga rencana pelaksanaan pembelajaran harus memuat Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian Pembelajaran.

Format RPP 1 Lembar TIK SMP Kurikulum 2013 SE No 14 Tahun 2019

RPP yang di buat menjadi 1 lembar ini tentu memperhatikan beberapa point dalam pembuatannya seperti, mengisi tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.

1. Tujuan pembelajaran

Tujuan pembelajaran ditulis dengan merajuk pada kurikulum 2013 dan kebutuhan peserta didik.

Tujuan belajar ini mengambarkan suatu proses dan efect atau hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa sesuai dengan komepetensi dasar.

2. Langkah-langkah pembelajaran

Langkah pembelajaran ditulis secara efektif berupa kegiatan yang dapat mencapai KD.

Dengan begitu, kegiatan pembelajaran tetap dilakukan secara instraktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi para siswa.

Unduh juga : Soal TIK Kelas 7 8 9 SMP/MTs

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran tetap berdasarkan keterampilan abad 21 seperti penguatan pendidikan karakter (PPK) dan 4C (literasi, critical, thinking, creative thinking, collaboration, dan communication), serta keterampilan berfikir tingkat tinggi ( HOTS)

3. Penilaian Pembelajaran

Dalam Rpp TIK Kelas 7 8 9 Satu Lembar terkait penilaian pembelajaran juga dibuat sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.

Penilaian pembelajaran dapat dilakukan dengan melihat 3 bentuk penilaian abad 21 seperti assessment for learning.

RPP DARING TIK KELAS 7 SEMESTER 1

Dalam RPP daring TIK kelas VII Semester Ganjil memuat KD 1.1 dengan alokasi waktu 1x40 menit dengan tujuang pembelajaran sebagai berikut;

  • mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan  komunikasi dengan tepat, teliti dan disiplin
  • mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan  komunikasi teknologi informasi
  • mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan  komunikasi elektronika
  • Melalui setudi pustaka peserta didik dapat :
  • menjelaskan pengertian dan  fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang telekomunikasi
  • Disajikan seperangkat alat TIK, peserta didik mampu :
  • menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang teknologi informasi
  • menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang elektronika

 

Dalam Kegiatan Pembelajaran Mapel TIK SMP daring ini tentu mengunakan media online seperti Whatssap, Google classroom, telegram, zoom, google form, serta slide PPT.

CONTOH RPP DARING TIK KELAS 7 SEMESTER 1

Sekolah                : SMP

Mata Pelajaran : TIK      

Kelas/Semester                :  VII / 1

Alokasi Waktu   :  1 x 40 menit   

KD: 1.1

Pertemuan ke  : 1

Materi  : peralatan teknologi informasi dan komunikasi

 

A, TUJUAN PEMBELAJARAN

  • mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan   komunikasi dengan tepat, teliti dan disiplin
  • mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan   komunikasi teknologi informasi
  • mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan   komunikasi elektronika
  • Melalui setudi pustaka peserta didik dapat :
  • menjelaskan pengertian dan  fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang telekomunikasi
  • Disajikan seperangkat alat TIK, peserta didik mampu :
  • menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang teknologi informasi
  • menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang elektronika

 

B, KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

MEDIA 

Whattsapp, Google classroom, Telegram, zoom, google form dll

Slide presentasi (ppt)    

ALAT     

Laptop, Handphone, tablet dan lain lain

SUMBER             

Buku guru dan siswa

Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan

 

PENDAHULUAN               

Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious)

Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya)

Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

KEGIATAN INTI

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Peralatan teknologi informasi dan komunikasi. (Literasi)

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Peralatan teknologi informasi dan komunikasi. (HOTS)

Peserta didik diberi kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Peralatan teknologi informasi dan komunikasi.(Collecting information and Problem solving)

Unduh juga : BUKU BSE TIK Kelas VII-VIII-IX SMP/MTs

Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya,  Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication)

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Peralatan teknologi informasi dan komunikasi, Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami (Creativity)

PENUTUP           

Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

C, PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.

 

Kepala Sekolah                                                                                 Guru Mata Pelajaran

 

RODIMAN, S.Pd                                                                                Edukasi, S.Pd

Nip. 196604211994121088                                                            Nip. 197511062010012088

 

RPP DARING TIK KELAS 8 SEMESTER 1

Pada RPP mode Online TIK SMP K13 Kelas 8 (VIII) Semester 1 memuat KD 1.1 dengan materi Menu dan Ikon ada perangkat Lunak pengolahan kata beserta alokasi waktu 2x40 menit revisi 2020 kurikulum 2013.

 

Adapu tujuan pembelajaran RPP 1 lembar TIK kelas VIII lebih pada indikator letak dam menu toolbar seperti dibawah ini;

  • Menunjukkan letak menu bar yang terdapat dalam tampilan Ms.word dengan benar
  • Menyebutkan nama menu yang terdapat dalam menu bar dengan benar
  • Menunjukkan letak menu toolbar standar pada tampilan ms.word dengan benar
  • Menyebutkan nama menu sesuai dengan lambang ikon yang terdapat dalam toolbar standar dengan benar
  • Menunjukkan letak menu toolbar formatting pada tampilan ms.word dengan benar
  • Menyebutkan nama menu sesuai dengan lambang ikon yang terdapat dalam toolbar formatting dengan benar
  • Menunjukkan letak menu drawing toolbar pada tampilan ms.word dengan benar
  • Menyebutkan nama menu sesuai dengan lambang ikon yang terdapat dalam toolbar drawing dengan benar

Dalam Kegiatan Pembelajaran Mapel TIK SMP daring kelas 8 ini tentu mengunakan media online seperti Whatssap, Google classroom, telegram, zoom, google form, serta slide PPT.

CONTOH RPP DARING TIK KELAS 8 SEMESTER 1

Sekolah                : SMP

Mata Pelajaran : TIK      

Kelas/Semester                :  VIII / 1

Alokasi Waktu   :  2 x 40 menit   

KD : 1.1

Pertemuan ke  : 1

Materi  :menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata

 

A, TUJUAN PEMBELAJARAN

 

Peserta didik mampu:

  • Menunjukkan letak menu bar yang terdapat dalam tampilan Ms.word dengan benar
  • Menyebutkan nama menu yang terdapat dalam menu bar dengan benar
  • Menunjukkan letak menu toolbar standar pada tampilan ms.word dengan benar
  • Menyebutkan nama menu sesuai dengan lambang ikon yang terdapat dalam toolbar standar dengan benar
  • Menunjukkan letak menu toolbar formatting pada tampilan ms.word dengan benar
  • Menyebutkan nama menu sesuai dengan lambang ikon yang terdapat dalam toolbar formatting dengan benar
  • Menunjukkan letak menu drawing toolbar pada tampilan ms.word dengan benar
  • Menyebutkan nama menu sesuai dengan lambang ikon yang terdapat dalam toolbar drawing dengan benar

 

B, KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

MEDIA 

Whattsapp, Google classroom, Telegram, zoom, google form dll

Slide presentasi (ppt)     ALAT     

Laptop, Handphone, tablet dan lain lain

SUMBER             

Buku guru dan siswa

Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan

 

PENDAHULUAN               

Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious)

Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya)

Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

Unduh juga : Silabus TIK Kelas 7 8 9 SMP/MTs

KEGIATAN INTI

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Tampilan menu dan ikon pada menu bar. (Literasi)

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Tampilan menu dan ikon pada menu bar. (HOTS)

Peserta didik diberi kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Tampilan menu dan ikon pada menu bar.(Collecting information and Problem solving)

Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya,  Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication)

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tampilan menu dan ikon pada menu bar, Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami (Creativity)

PENUTUP           

Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

C, PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.

 

Kepala Sekolah                                                                                 Guru Mata Pelajaran

 

RODIMAN, S.Pd                                                                                Edukasi, S.Pd

Nip. 196604211994121088                                                            Nip. 197511062010012088

RPP DARING TIK KELAS 9 SEMESTER 1

RPP 1 lembar TIK kelas IX/9 K13 Semeter 1 sebagai contoh yang dapat bapak ibu guru download dengan silabus kurtilas untuk kelas 7 8 9 kurikulum 2013 dengan materi pengertian dasar internet atau intarnet untuk pertemuan pertama dangan alokasi waktu 2x 40 menit.

 

Pada materi KD.1.1 pengertian internet ini siswa diharapkan mampu Menjelaskan pengertian internet,Menjelaskan pengertian intranet,Menyebutkan manfaat internet

dan Menjelaskan sejarah singkat internet di dunia dan di Indonesia.

 

CONTOH RPP DARING TIK KELAS 9 SEMESTER 2

 

Sekolah                : SMP

Mata Pelajaran : TIK

Kelas/Semester                :  IX / 1

Alokasi Waktu   :  2 x 40 menit

KD: 1.1

Pertemuan ke  : 1

Materi  :pengertian dasar Internet/Intranet

 

A, TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Siswa diharapkan mampu:
  • Menjelaskan pengertian internet
  • Menjelaskan pengertian intranet
  • Menyebutkan manfaat internet
  • Menjelaskan sejarah singkat internet di dunia dan di Indonesia

B, KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

MEDIA 

Whattsapp, Google classroom, Telegram, zoom, google form dll

Slide presentasi (ppt)    

ALAT     

Laptop, Handphone, tablet dan lain lain

SUMBER             

Buku guru dan siswa

Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan

PENDAHULUAN               

  • Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious)
  • Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya)
  • Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan
  • Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

KEGIATAN INTI

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Pengertian, manfaat dan sejarah singkat internet. (Literasi)

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Pengertian, manfaat dan sejarah singkat internet. (HOTS)

Peserta didik diberi kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Pengertian, manfaat dan sejarah singkat internet.(Collecting information and Problem solving)

Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya,  Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication)

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Pengertian, manfaat dan sejarah singkat internet, Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami (Creativity)

PENUTUP           

Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

C, PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.


Kepala Sekolah                                                                                 Guru Mata Pelajaran

 

RODIMAN, S.Pd                                                                                Edukasi, S.Pd

Nip. 196604211994121088                                                            Nip. 197511062010012088

DOWNLOAD RPP DARING TIK KELAS VII-VIII-IX SEMESTER 1 dan 2

Tujuan utama website Guruyes ini untuk memudahkan Bapak/Ibu guru dalam men- downlaod RPP daring TIK kelas 7 8 9 full semester ganjil dan genap tanpa harus repot-repot atau dibingunkan dengan link konverter yang banyak iklannya.

 Dapatkan Juga : Aplikasi Raport SMP/MTs Kelas VII-VIII-IX

Cukup dengan satu klikkan aja RPP 1 lembar SMP yang anda butuhkan langsung terdownload Otomatis dan tersimpan pada Komputer anda. Untuk lebih jelasnya silahkan Uduh file Doc/PDF di bawah ini.

 

UNDUH RPP DARING TIKKELAS VII SEMESTER 1 dan 2

UNDUH RPP DARING TIKKELAS VIII SEMESTER 1 dan 2

UNDUH RPP DARING TIKKELAS IX SEMESTER 1 dan 2

 

Demikianlah RPP TIK DARING SMP KELAS 7 8 9 untuk tahun ajaran 2020-2021 dan tentu tinggal disesuikan tahunya nanti jika sudah berganti yang penting tetap mengacu pada K13 SE no 14 tahun 2019. Semoga bermanfaat dan Wassalam.

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang