LWt9MaZ9NWtbMqB4Mat8Map8NTcsynIkynwbzD1c

RPP Daring TIK kelas 7 (VII) Semester 1 SMP Kurikulum 2013

BLANTERLANDINGv101
8847040826697857950

RPP Daring TIK kelas 7 (VII) Semester 1 SMP Kurikulum 2013

12/04/2021

 

RPP Luring TIK Kelas 7 8 9 SMP/MTs

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran tetap berdasarkan keterampilan abad 21 seperti penguatan pendidikan karakter (PPK) dan 4C (literasi, critical, thinking, creative thinking, collaboration, dan communication), serta keterampilan berfikir tingkat tinggi ( HOTS)

3. Penilaian Pembelajaran

Dalam Rpp TIK Kelas 7 8 9 Satu Lembar terkait penilaian pembelajaran juga dibuat sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.

Penilaian pembelajaran dapat dilakukan dengan melihat 3 bentuk penilaian abad 21 seperti assessment for learning.

Contoh RPP Daring TIK Kelas 7 Semester 1 SMP/MTS K13 Revisi Terbaru

Sekolah                : SMP

Mata Pelajaran : TIK      

Kelas/Semester                :  VII / 1

Alokasi Waktu   :  1 x 40 menit   

KD: 1.1

Pertemuan ke  : 1

Materi  : peralatan teknologi informasi dan komunikasi

Unduh juga : Soal TIK Kelas 7 8 9 SMP/MTs

A, TUJUAN PEMBELAJARAN

  • mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan   komunikasi dengan tepat, teliti dan disiplin
  • mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan   komunikasi teknologi informasi
  • mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan   komunikasi elektronika
  • Melalui setudi pustaka peserta didik dapat :
  • menjelaskan pengertian dan  fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang telekomunikasi
  • Disajikan seperangkat alat TIK, peserta didik mampu :
  • menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang teknologi informasi
  • menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang elektronika

B, KEGIATAN PEMBELAJARAN

MEDIA 

Whattsapp, Google classroom, Telegram, zoom, google form dll

Slide presentasi (ppt)    

ALAT     

  • Laptop, Handphone, tablet dan lain lain

SUMBER             

  • Buku guru dan siswa
  • Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan

PENDAHULUAN               

  • Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious)
  • Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya)
  • Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan
  • Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

KEGIATAN INTI

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Peralatan teknologi informasi dan komunikasi. (Literasi)

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Peralatan teknologi informasi dan komunikasi. (HOTS)

Peserta didik diberi kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Peralatan teknologi informasi dan komunikasi.(Collecting information and Problem solving)

Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya,  Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication)

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Peralatan teknologi informasi dan komunikasi, Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami (Creativity)

PENUTUP           

  • Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar
  • Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

C, PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.

Unduh juga : BUKU BSE TIK Kelas VII-VIII-IX SMP/MTs

 

Kepala Sekolah                                                                                 Guru Mata Pelajaran

 

RODIMAN, S.Pd                                                                          Edukasi, S.Pd

Nip. 196604211994121088                                                            Nip. 197511062010012088

 

Contoh RPP Daring TIK Kelas 7 Semester 2 SMP/MTS K13 Revisi Terbaru

Pada RPP kelas 7 TIK semester genap ini membahas materi Kompenen perangkat keras komputer dengan Kompetensi dasar 3.1 yang lebih dominan ke fungsi, input pada perangkat keran ( Hardware ) Komputer.

Download RPP Daring TIK Kelas 7 Semester 1 dan 2 Revisi 2020-2021

Tujuan utama website Guruyes ini untuk memudahkan Bapak/Ibu guru dalam men- downlaod RPP daring TIK kelas 7  full semester ganjil dan genap tanpa harus repot-repot atau dibingunkan dengan link konverter yang banyak iklannya.

Unduh juga : Silabus TIK Kelas 7 8 9 SMP/MTs

Cukup dengan satu klikkan aja RPP 1 lembar SMP yang anda butuhkan langsung terdownload Otomatis dan tersimpan pada Komputer anda. Untuk lebih jelasnya silahkan Uduh file Doc/PDF di bawah ini.

RPP Daring TIK Kelas VII Aplikasi Raport SMP/MTs Kelas VII-VIII-IX

Demikianlah RPP Daring TIK Kelas 7 Semester 1 Revisi 2020, Demikianlah postingan kali ini yang besar harapan kami semoga dapat membantu rekan rekan guru dalam mengembangkan dan menyukseskan visi dan misi pendidikan Indonesia dan jangan lupa lihat juga perangkat pembelajaran SMP di Menu lainnya.

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang