LWt9MaZ9NWtbMqB4Mat8Map8NTcsynIkynwbzD1c

Download Rpp Daring Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2

BLANTERLANDINGv101
8847040826697857950

Download Rpp Daring Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2

12/05/2021
pp Daring Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2

Rencana dan strategi pembelajaran ditungkan dalam Rpp 1 Lembar Bahasa Indonesia Smp Kelas 8 Semester 2 yang disusun untuk menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh yang bisa menggunakan metode daring dan metode luring.

Memiliki perangkat Pembelajaran 1 Lembar menjadi keharusan setiap guru mata pelajaran sebagai bentuk professional guru dan kelengkapan administrasi pendidikan baik di Sekolah menengah maupun di SMA.

Berikut adalah beberapa pilihan pelaksanaan secara online dengan menggunakan beberapa aplikasi atau platform yang ada di dalam RPP Daring SMP.

1. Video comperence

Dalam video conperence bisa mengunakan aplikasi seperti, Zoom, Webex dan Meet Google. Dari aplikasi tersebut anda bisa memanfaatkan fitur gratis dan pro sebagai media belajar guru di masa pandemi covid 19 ini.

2. Youtube

Aplikasi Youtube adalah aplikasi gratis yang sangat bagus dimanfaatkan dalam melakukan pembelajaran mode daring online bagi siswa yang ada di zona merah. Selain flatform gratis ini sebagai media pembelajaran ia juga bisa menjadi penghasilan bagi guru ketika sudah mencukupi syarat monetisasai 1000 subscriber dan 4000 jam tayang.

3. Whatsapp

Yang satu ini sangat bagus karena semua siswa sudah bisa menggunakannya, dan hampir semua siswa sudah menginstal aplikasi WA di Hp mereka. Cara melakukan pembelajaran cukup dengan membuat group lalu mengundang mereka gabung dalam aplikasi simple dan mudah digunakan ini.

4. Facebook

Fitur siaran langsung dalam facebook bisa dilakukan para guru dalam melaksanakan mode daring online di tengah pendemi covid 19 ini.

Contoh Rpp Daring Bahasa Indonesia Smp Kelas 8 Semester 2 ini kami rangkum dari website guruberbagi.kemendikbud.go.id yang sudah resmi dan tertata rapi dengan tujuan mempermudah para guru yang masih memerlukan RPP mode daring, silahkan unduh di bawah ini.

Komponen RPP 1 Lembar Daring SMP Kurikulum 2013 Revisi 2020

RPP yang di buat menjadi 1 lembar ini tentu memperhatikan beberapa point dalam pembuatannya seperti, mengisi tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.

1. Tujuan pembelajaran

Tujuan pembelajaran ditulis dengan merajuk pada kurikulum 2013 dan kebutuhan peserta didik.

Tujuan belajar ini mengambarkan suatu proses dan efect atau hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa sesuai dengan komepetensi dasar.

Dalam penuyusunan pembelajaran pada Rpp 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 Revisi terbaru yang disederhanakan berdasarakan KD dengan mengunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur dari sikap, pengetahuan dan keterampilan seperti SE No 14 2019.

2. Langkah-langkah pembelajaran

Langkah pembelajaran ditulis secara efektif berupa kegiatan yang dapat mencapai KD.

Dengan begitu, kegiatan pembelajaran tetap dilakukan secara instraktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi para siswa.

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran tetap berdasarkan keterampilan abad 21 seperti penguatan pendidikan karakter (PPK) dan 4C (literasi, critical, thinking, creative thinking, collaboration, dan communication), serta keterampilan berfikir tingkat tinggi ( HOTS)

3. Penilaian Pembelajaran

Dalam Rpp Bahasa Indonesia Kelas 8 Satu Lembar terkait penilaian pembelajaran juga dibuat sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.

Penilaian pembelajaran dapat dilakukan dengan melihat 3 bentuk penilaian abad 21 seperti assessment for learning.

Disamping itu pembutan RPP Daring ini juga sebagai pelengkap dan bebas mandiri untuk tenaga pendidik.

Penulisan RPP juga harus dilakukan dengan efesien, efektif sehingga tujuan proses pembelajaran menjadi tercapai berdasarkan kondisi dan kemampuan setiap guru.

Contoh RPP Daring Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 K13 Revisi 2020

Di Download Rpp Daring Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1

PENDAHULUAN               

  • Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious)
  • Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya)
  • Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan
  • Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

KEGIATAN INTI

  • Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Memahami Teks Ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) , Macam - macam teks ulasan berdasarkan isinya. (Literasi)
  • Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Memahami Teks Ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) , Macam - macam teks ulasan berdasarkan isinya. (HOTS)
  • Peserta didik diberi kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Memahami Teks Ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) , Macam - macam teks ulasan berdasarkan isinya.(Collecting information and Problem solving)
  • Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya,  Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication)
  • Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Memahami Teks Ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) , Macam - macam teks ulasan berdasarkan isinya, Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami (Creativity)

PENUTUP           

  • Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar
  • Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

C, PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.

Mengetahui,                                                                                                      ………… , ……….2020

Kepala Sekolah                                                                                                 Guru Mata Pelajaran

 

RODIMAN, S.Pd                                                                                                Tojang127, S.Pd

Nip. 196604211994121088                                                                            Nip. 197511062010012088


Download RPP Daring Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 [Unduh]

Demikianlah RPP Daring Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 Revisi 2020, Demikianlah postingan kali ini yang besar harapan kami semoga dapat membantu rekan rekan guru dalam mengembangkan dan menyukseskan visi dan misi pendidikan indonesia. Untuk mendapatkan file secara lengkapnya untuk bunda menghemat waktu tanpa harus download satu satu silahkan Kontak WA Kami di DISINI. Sekian dan Terimakasih.

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang