LWt9MaZ9NWtbMqB4Mat8Map8NTcsynIkynwbzD1c

Download Pemetaan KI dan KD Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013 Kelas 7, 8, 9

BLANTERLANDINGv101
8847040826697857950

Download Pemetaan KI dan KD Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013 Kelas 7, 8, 9

12/04/2021

 

Aplikasi Raport K13 SMP Semester 1 dan 2

Bersarkan keputusan kepala badan penelitian dan pengembangan dan perbukuan nomor 108/H/KR/2020 yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 5 Agustus 2020 tentang Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) pelajaran SMP Revisi Terbaru Kurikulum 2013 maupun Anak Usia Dini hingga Sekolah menengah.

Download Pemetaan KI KD Bahasa Indonesia SMP Revisi Terbaru Kelas VII, VIII, IX K13

Pemerintah sudah mengatur mengenai pemetaan kompetensi Inti dan kompetensi dasar pelaajran pada K13 untuk pendidikan dasar dan pendidikan menengah yang tertuan dalam permendikbud nomor 24 tahun 2016.

Pengertian Pemetaan KI dan KD

Kompetensi Inti merupakan tingkat kemempuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki peserta didik pada jenjang MI Revisi Terbaru di mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7, 8, 9.

Download Juga : Aplikasi Penilaian SMP Kelas VII, VIII dan IX Terbaru

Dalam KI mencakup 4 dimensi yang mencerminkan : 1. sikap spiritual; 2. sikap sosial; 3. pengetahuan; dan 4. keterampilan yang dimana empat dimensi ini driancang sebagai pengintegrasikan muatan pembelajaran, mata pelajaran, atau program standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Kompetensi Dasar

Komepetensi Dasar adalah kemempuan untuk mencapai Inti yang harus diperoleh perserta didik melalui pembelajaran di sekolah/madrasah.

Langkah-langkah Pemetaan KI dan KD SMP Revisi Terbaru Kurikulum 2013

Adapun langkah Pemetaan KI dan KD yang dapat tenaga pendidika lakukan adalah.

1. Mengidentifikasi karakteristik dan kemampuan awal peserta didik. Hal ini penting dilakukan terlebih dahulu oleh Guru untuk mengetahui karakter dan bekal kemampuan siswa yang ditetapkan sebagai indikator kebersihan siswa dalam menguasai kompetensi.

2. Menentukan tahapan berfikir dari KI,KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi. Misalnya, Jika tahapan berfikir KI ada pada C3, makan Tahapan Berfikir KD bisa dimulai dari C1, C2, dan C3 yang tujuannya untuk melihat Secara keseluruhan bagaimana Pemetaan KI dan KD dapat dicapai berdasarkan Pemetaan KI, KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK).

3. mementukan IPK Masing-masing KD pada pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia SMP REVISI TERBARU Kelas 7, 8, 9 serta pendekatan tematik terpadu selain pelajaran PJOK, Bahasa Indonesia, Kelas III,V,dan VI serta dan Pendidikan Agama dan Budi Pekerti kelas 7 8 9.

Fungsi Kompetensi Inti (KI)

Kompetensi Inti Berfungi sebagai undur pengorganisasi Kompetensi Dasar (KD) kompetensi sebagai unsur pengikat untuk organisasi vertikal dan horizontal KD.

Organisasi vertikal Kompetensi dasar merupakan keterkaitan antara isi dari Kompetensi Inti satu sama lainnya pada jenjang Sekolah menengah, sehingga memenuhi prinsip belajar yang membentuk akumulasi yang berkesinambungan pada pelajaran yang dipelajari peserta didik.

Download Juga : Buku Siswa dan Guru SMP 

Sedangkan Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara isi Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan isi Kompetensi Dasar dari mata pelejaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat setiap Pemetaan KI dan KD.

Rumusan Kompetensi Inti (KI) Kurikulum 2013

Adapun Rumusan Kompetensi Inti (KI) adalah sebagai berikut;

  • Kompetensi Inti - 1 (KI-1) Untuk kompetensi inti sikap spiritual
  • Kompetensi Inti - 1 (KI-2) Untuk kompetensi inti sikap sosial
  • Kompetensi Inti - 1 (KI-3) Untuk kompetensi inti sikap pengetahuan
  • Kompetensi Inti - 1 (KI-4) Untuk kompetensi inti sikap keterampilan

Fungsi Kompetensi Dasar (KD)

Kompetensi Dasar bertujuan untuk mengukur kemampuan berfikir peserta didik yang berisi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang bersumber pada Kompetensi Inti yang harus dikuasai peserta didik, termasuk didalamnya memperhatikan karakteristik siswa pada kemampuan awal, dan ciri suatu yang dikuasai mata pelajaran.

Download Juga : Buku Kerja Kepala Sekolah SMP/MTs

Kompetensi Dasar yang mengacu pada Kompeentis Inti (KI) dirumuskan untuk mencapai KI kecuali Kompetensi dasar untuk mata pelajaran berdisi sendiri seperti mata pelajaran Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti serta mata pelajaran Pendidikan Pancasilan Dan Kewarganegaraan meliputi 4 kelompok rumusan sebagai berikut;

  • Kompetensi Dasar - Untuk sikap spiritual dalam rangka menjabarkan Ki-1
  • Kompetensi Dasar - Untuk sikap sosial dalam rangka menjabarkan Ki-2
  • Kompetensi Dasar - Untuk sikap pengetahuan dalam rangka menjabarkan Ki-3
  • Kompetensi Dasar - Untuk sikap keterampilan dalam rangka menjabarkan Ki-4

Download KI dan KI SMP Revisi Terbaru Kurikulum 2013 Edisi 2017,2018

Untuk mendownload KI dan KI Pendidikan Bahasa Indonesia SMP Revisi Terbaru Kurikulum 2013 Kelas 7, 8, 9 ini cukup mudah dan sederhana. anda akan di arahkan di Google Drive langsung terdownload otomatis tanpa harus melewati link-link yang membosankan seperti website lainnya.

Baiklah, tanpa banyak bicara silahkan download Pemetaan KI dan KD Pendidikan Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013 Revisi terbaru di bawah ini.

Pemetaan KI dan KD Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 [Buku Digital MTs  Revisi 2020 Lengkap

  • Buku Kerja Kepala Sekolah SMP/MTs 2020
  • Buku Siswa dan Guru SMP Semua Kelas revisi 2018
  • RPP 1 Lembar SMP Kelas 7 8 9 Semua Mapel
  • Aplikasi Penilaian SMP Kelas VII, VIII dan IX Terbaru
  • Aplikasi Raport K13 SMP Semester 1 dan 2
  • Buku Panduan Pembelajaran Jarak Jauh ( PPJ ) SMP
  • BLANTERLANDINGv101

    Formulir Kontak Whatsapp×
    Data Anda
    Data Lainnya
    Kirim Sekarang